Wayang Orang Anak Tutup Budaya Adhikara

Sebuah pertunjukan Wayang Orang yang semua pemainnya anak-anak, menjadi pamungkas dalam gelar Budaya Adhikara II di Taman Krida Budaya (TKB) Malang, Jum’at (23/5) malam. Bukan hanya pemainnya, namun semua pengrawit yang mengiringinya juga terdiri dari anak-anak.

Meski anak-anak, namun kemampuan mereka tak boleh diremehkan. Terbukti, kelompok ini tahun lalu menyisihkan peserta dari berbagai daerah dalam Festival Seni Pertunjukan, sehingga tercatat sebagai salah satu dari lima penyaji unggulan (5 besar). Bahkan, dalam rangkaian gelar Budaya Adhikara I di tempat yang sama, kelompok ini juga menyabet gelar sutradara terbaik.

Lakon yang dimainkan oleh Sanggar Seni Srikandi dari Kota Malang ini adalah “Ande-ande Lumut”. Dibandingkan tahun lalu, kini para pemainnya mengenakan topeng, sesuai dengan peran masing-masing tokoh, namun terbuka bagian mulut sehingga masih bisa dialog langsung.

Budaya Adhikara, yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jatim sejak Minggu (18/5), menyajikan berbagai acara, yaitu: festival makanan dan minuman daerah, pameran benda purbakala, pameran foto kesejarahan, koleksi museum daerah, dan lomba membuat patung benda cagar budaya. Beberapa festival pertunjukan yang digelar adalah, festival karya tari (19/5), festival pop singer remaja, festival lagu daerah (20/5), festival ludruk remaja (21/5), festival lagu keroncong dan festival seni pertunjukan (22/5), serta festival upacara adat (23/5) pagi hari sebelum upacara penutupan.

Pada malam penutupan, sekaligus diumumkan para pemenang berbagai festival tersebut serta pembagian hadiahnya. (*)

Malang, 21 Mei 2008

Budaya Adhikara II – 2008

Henri Nurcahyo

Seksi Publikasi

Mobile: 0812 3100 832

www.budayaadhikara.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: